PPM vs IPM - ONOtekno

Media Informasi Seputar Teknologi

Home Top Ad

Saturday, February 25, 2017

PPM vs IPM

Dalam dunia cetak printer setiap merk printer pasti memiliki spesifikasi yang ditampilkan untuk bisa dipelajari lebih detail oleh khalayak umum. Spesifikasi printer inilah yang biasanya nanti akan dijadikan acuan untuk mempertimbangkan / menjatuhkan pilihan pada suatu merk printer tertentu. Ada satu acuan dalam spesifikasi printer yang banyak menentukan dalam memilih suatu printer yaitu pada kecepatan cetak sebuah printer, kompabilitas dan lainnya biasanya pada fitur printernya saja.
Salah satu rujukan yang sering sebagai acuan adalah kecepatan cetak printer dan kebanyakan merk printer menggunakan istilah Page per Minute ( PPM ) dan Image per Minute ( IPM ). Kecepatan print dalam satuan PPM adalah kecepatan print halaman yang dihasilkan dalam 1 menit dengan kualitas print dan materi text-image yang sudah ditentukan sendiri oleh vendor printer dan satuan PPM ini digunakan oleh vendor printer merk Epson, HP dan Brother.
Spesifikasi printer dengan PPM dan IPM
contoh spesifikasi printer dalam PPM dan IPM
Untuk kecepatan printer dengan satuan IPM adalah kecepatan print dengan jumlah halaman yang dihasilkan dalam 1 menit dengan acuan standard ISO / IEC 24734 dimana kualitas print menggunakan default bawaan pabrik dan materi text-image-chart yang diprint sama / standard dengan menggunakan aplikasi office word, excel dan pdf, untuk satuan IPM saat ini digunakan oleh vendor printer Canon dan juga vendor printer Epson untuk produk yang terbaru.
dokumen sebagai test print dengan standard ISO / IEC 24734
IPM metode testnya menggunakan dokumen standard dengan word,excel dan pdf
Sebenarnya antara merk printer yang menggunakan acuan kecepatan cetak PPM maupun IPM tidak bisa dibandingkan, karena sangat berbeda metode pengetesannya dan bila dibandingkan harus sama-sama acuan misal antara Canon dengan Epson atau HP dengan Brother. Dilihat dari spesifikasinya yang dikeluarkan oleh vendor printer nilai PPM pasti lebih tinggi dibandingkan dengan nilai IPM, kemudian printer dengan Nilai PPM yang tinggi bila dibandingkan dengan printer yang nilai IPM-nya rendah, belum tentu  printer PPM ini lebih cepat ( bisa dilihat videonya disini ).
A post shared by ONOtekno (@onotekno) on

Menurut ONOtekno seharusnya vendor printer mulai beralih mengeluarkan spesifikasi printer dengan satuan IPM, karena lebih sesuai dengan realita yang diprint oleh kebanyakan pengguna printer. Di awali oleh vendor printer canon dan juga vendor printer Epson yang mulai menggunakan acuan kecepatan printer dengan IPM.

source :
https://www.techwalla.com
http://www.canon-asia.com

No comments:

Post a Comment