PERBANDINGAN PRINTER INFUS / CIS ORIGINAL - ONOtekno

Media Informasi Seputar Teknologi

Home Top Ad

Sunday, May 7, 2017

PERBANDINGAN PRINTER INFUS / CIS ORIGINAL

4 MERK PRINTER INFUS / CIS ORIGINAL
Perkembangan dunia printer sekarang terus berkembang pesat, berbagai produsen printer terus mengeluarkan produk - produk andalannya yang terbaru. Dan sekarang trendnya pengguna printer sangat menyukai kriteria printer yang pengoperasiannya mudah, fitur lengkap dan berkapasitas besar. Selama ini printer yang memenuhi kriteria diatas dan disukai banyak pengguna dari pribadi maupun korporate adalah printer yang memiliki CIS / Ink Tank karena lebih mudah dalam isi ulang tintanya.
Printer inkjet dulunya berkapasitas kecil yang hanya mampu 5 - 10 ml konsumsi tintanya lalu harus beli tinta lagi untuk diisi / disuntik di catridgenya, karena memang vendor printer mendesain apabila tintanya habis diharapkan untuk beli lagi head catridgenya dan ini tentunya pasti menaikkan cost operasional printer. Akhirnya ada pihak ketiga menangkap peluang ini dengan memberi solusi sistem CIS / Ink Tank tambahan diluar printer, tentunya solusi ini membuat printer memiliki kapasitas besar untuk mengeprint banyak lembar kertas.

Sistem CIS / Ink Tank memang sangat praktis saat isi ulang tinta dan akhirnya bisa menaikkan kapasitas printer, namun dibalik itu ada kerugian yang harus ditanggung oleh pengguna printer yaitu :
1. Garansi hilang, karena printer sudah dimodifikasi dengan CIS tambahan
2. Tampilan printer tidak stylish, karena selang CIS yang kadang tidak ditata dengan rapi.

Akhirnya para produsen printer terkenal mulai menanggapinya terhadap peluang dan kehandalan printer yang menggunakan dengan CIS / Ink Tank, dengan diawali oleh vendor printer Epson yang sekarang produk terbarunya murni sudah menggunakan sistem Ink Tank. Selanjutnya vendor printer besar lainnya mulai mengikuti trend Ink Tank yang langsung diprinter mulai dari vendor printer Brother, HP dan terakhir akhirnya Canon juga melengkapi printer andalannya dengan sistem Ink Tank. Kali ini ONOtekno akan merekomendasikan beberapa printer yang murni menggunakan sistem Ink Tank original dari 4 vendor yang sesuai kebutuhan akan fungsinya, antara lain sebagai berikut :

1. PRINTER EPSON
ONOtekno awali dengan printer Epson yang dulunya sangat fenomenal dan terkenal pada dunia percetakan, karena terbukti printer epson sangat kuat di head catridgenya dan hasilnya printnya cukup bagus. Sebagai vendor printer yang melopori printer dengan menggunakan sistem Ink Tank original, yang mana semua lini produknya mulai dari Epson L120, L380 dan L565 sudah dilengkapi dengan sistem Ink Tank. Dimulai Epson L120 yang berfungsi sebagai printer saja dengan harga Rp 1.658.000,- merupakan printer andalan dari epson dengan harga yang paling murah. Untuk printer multifunction yang membutuhkan scanner Epson L380 dengan harga Rp 2.574.000 merupakan printer termurah yang lengkap dengan fungsi scanner flatbed ukuran kertas A4 saja. Selanjutnya bila membutuhkan printer yang lengkap ada fitur scan ADF yang mampu scan ukuran kertas legal, lengkap dengan fitur Wifi, fax dan ethernet jatuh pada Epson L565 yang dibanderol dengan harga 4.059.000. Pada printer Epson ini mulai dari yang terdahulu sampai yang terbaru untuk orang awam proses maintenancenya ganti head catridge didesain harus memerlukan campur tangan teknisi yang berpengalaman karena untuk ganti head catridgenya harus bongkar printer terlebih dahulu.
MERK EPSON PRINTER INFUS / CIS ORIGINAL

2. PRINTER BROTHER
Printer keluaran dari brother merupakan printer yang cukup handal ONOtekno pernah menggunakan printer keluaran brother dengan Ink Tank modifikasi, cukup bandel dan tidak pernah minta reset printer. Kali ini printer keluaran dari brother semuanya dilengkapi dengan fitur scanner mulai type T300, T500W dan T700W selain itu desain ink tank original cukup compact, tidak menonjol dan serasa ada didalam printer. Untuk type T300 dibanderol dengan harga Rp 2.390.000 yang dilengkapi dengan fitur scaner flatbed saja, untuk type T500W dengan harga Rp 2.790.000,- adanya scaner flatbed dan ditunjang fitur wifi. Terakhir pada T700W yang dihargai Rp 3.290.000,- merupakan pengembangan dari type T500W cuma diberi fitur tambahan dengan adanya ADF ( Automatic Document Feeder ) tidak ketinggalan masalah garansi Brother mengobralnya selama 3 tahun / 30.000 pages tergantung mana dulu yang tercapai. Pada printer Brother ini mulai dari yang terdahulu sampai yang terbaru untuk orang awam proses maintenancenya ganti head catridge didesain harus memerlukan campur tangan teknisi yang berpengalaman karena untuk ganti head catridgenya harus bongkar printer terlebih dahulu.
MERK BROTHER PRINTER INFUS / CIS ORIGINAL

3. PRINTER HP
Printer HP merupakan printer yang dikenal sangat murah harga printernya dan harga head catridgenya. Dulunya printer HP sangat anti CIS / Ink Tank ini dibuktikan tidak ada sama sekali ditemukan tukang jasa modifikasi CIS / Ink Tank yang bisa menerapkannya di printer HP. Harga printer HP diuntungkan dengan tintanya yang masih bisa direfill / suntik ulang namun ada yang bilang hanya bisa diisi ulang maksimal 5x setelah itu harus ganti catridge. Mengikuti trend akhirnya HP juga mengeluarkan type printer yang dilengkapi system Ink Tank yaitu dengan type HP Deskjet GT 5810 dengan harga Rp 2.049.000 dan HP Deskjet GT 5820 dengan harga Rp 2.460.000, yang hanya dibedakan dengan fitur wifi yang ada di Deskjet GT 5820. Dengan adanya scan flatbed dan desainnya yang menonjol pada system ink tank sama persis dengan printer keluaran dari epson namun garansi yang mampu dicovernya hingga 2 tahun. Pada printer HP ini didesain sangat mudah untuk orang awam dalam proses maintenance ganti head catridge karena head catridgenya seperti yang type sebelumnya bisa diganti sendiri dengan mudah tanpa perlu bongkar printer.
MERK HP PRINTER INFUS / CIS ORIGINAL

4. PRINTER CANON
Printer Canon merupakan vendor printer yang terakhir menerapkan system ink tank di lini produknya, akan tetapi meskipun terlambat printer dengan ink tank punya canon sangat ditunggu - tunggu perkembangannya. Perlu diketahui dulunya printer canon merupakan printer yang paling terjangkau dibanding merk lainnya, namun dibalik harganya yang murah head catridgenya merupakan titik lemah yang paling menonjol. ONOtekno juga pernah menggunakan printer canon yang dimodifikasi system ink tanknya dan baru jalan 1 ~ 2 bulan head catridgenya mulai melemah dengan hasil print table yang mulai tidak lurus dan untuk kelemahan ini semua toko penjual printer mengakui akan kelemahan head catridge canon.
MERK CANON PRINTER INFUS / CIS ORIGINAL
Dari kelemahan catridgenya akhirnya canon mengeluarkan printer terbaru berkapasitas besar yang mana mengedepankan fitur ink tank dengan produk G1000, G2000, G3000 dan G4000. Dengan desain yang compact tidak ada menonjol dari body printer layaknya milik printer brother menjadikan printer ini tampak ramping. Type printer yang dikeluarkan canon cukup lengkap dari fungsionalitasnya mulai dari type G1000 yang berfungsi sebagai printer saja sampai dengan G4000 yang lengkap dengan fitur ADF dan Wi-Fi. Pada printer Canon ini sangat mudah untuk orang awam dalam proses maintenance ganti head catridge karena head catridgenya seperti yang type sebelumnya bisa diganti sendiri dengan mudah tanpa perlu bongkar printer.

KESIMPULAN
PERBANDINGAN 4 MERK PRINTER INFUS / CIS ORIGINAL
Dari tabel diatas ONOtekno memberi perbandingan secara umum fitur dan harga yang bisa sebagai acuan ( harga berdasarkan dari situs online bhinneka.com, kecuali seri tertinggi brother T800W informasi harga dari lazada Philiphina yang dikonversi ke rupiah kemungkinan printer tersebut belum beredar di Indonesia dan Canon G4000 dari situs canon.co.id ). Menurut ONOtekno bagi orang awam sepertinya printer diatas merk Canon dan HP sangat cocok sekali, karena dari sisi maintenance catridge sangat mudah karena tinggal copot yang lama dan ganti yang baru tanpa perlu bongkar pasang dalaman printer. Akhirnya semua printer yang beredar dipasaran sebagian besar sudah memiliki CIS / Infus Original dan itu semua dikeluarkan oleh 4 produsen printer terbesar saat ini. Saatnya untuk mempertimbangkan beralih ke printer CIS / Infus Original karena dilihat dari manfaat penggunaan printer yang memiliki kapasitas besar juga dari stylish sangat menunjang dan terakhir untuk jangka panjang garansinya masih utuh.

source :
bhinneka.com
canon.co.id
hp.com
epson.co.id
brother.com

6 comments:

  1. printer memang bikin yang gak tau cuma makek makek aja

    untung lihat ini jadi tau sesuatu

    ReplyDelete
  2. Wah. Thanks mas. Kebetulan lagi butuh printer

    ReplyDelete
  3. tapi gan kalo jarang dipake buat yang sistem ink tank... cepet rusak ya headnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga, usahakan sih dinyalakan terus matikan tiap minggu biar headnya basah tidak terlalu kering

      Delete