KENAPA NOTEBOOK HARUS PAKAI INTEL COFFE LAKE ? - ONOtekno

Media Informasi Seputar Teknologi

Home Top Ad

Tuesday, January 9, 2018

KENAPA NOTEBOOK HARUS PAKAI INTEL COFFE LAKE ?

Sekarang Intel Coffe Lake mulai banyak diterapkan di beberapa jajaran notebook dari berbagai produsen notebook di seluruh dunia. Generasi sebelumnya Intel Kaby lake yang mulai merata banyak dipakai semua merk notebook, ternyata butuh waktu yang pendek ( mungkin ONOtekno baru merasakan Asus VivoBook S15 2 bulan kemarin๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ ) dan sekarang mulai berdatangan notebook generasi Intel Coffe Lake. Seperti baru merasakan kenyamanan notebook yang menggunakan Intel Kaby Lake, ternyata harus berpikir kembali untuk merasakan kehebatan prosesor Intel Coffe Lake.
KENAPA NOTEBOOK HARUS PAKAI INTEL COFFE LAKE ?

Kenapa harus berpaling dengan Intel generasi-8 Coffe Lake ?

Sebenarnya Intel generasi-8 Coffe Lake dan generasi-7 Kaby Lake dasar proses fabrikasinya sama yaitu menggunakan proses 14 nm, namun oleh intel ada tuning atau perbaikan di sisi max. frekuensi, jumlah core, L3 Cache, max. frekuensi memori dan Intel Graphics, dari komposisi yang dituning ternyata sangat signifikan kenaikan perfomancenya. ONOtekno kali ini akan fokus dengan memberi perbandingan antara perfomance dari notebook yang menggunakan Intel Coffe lake dengan Kaby Lake :
1. SPESIFIKASI PERBANDINGAN
ONOtekno tampilkan perbandingan antara prosesor core-i5 dan core-i7 terendah dari intel kaby lake dibandingkan dengan intel coffe lake :
Perbandingan core i5-i7 Intel Coffe lake dengan Kaby Lake
Perbandingan CPUZ core i5-i7 Intel Coffe lake dengan Kaby Lake

2. PERFOMANCE
ONOtekno tampilkan hasil benchmark diambil dari beberapa sumber yang terpercaya dan sebagian besar Intel Coffe Lake begitu signifikan kenaikan perfomancenya dari Intel kaby Lake.
Perbandingan Spek Notebook core i5-i7 Intel Coffe lake dengan Kaby Lake
Spesifikasi Notebook dengan core i5 - i7 Kaby Lake dan Coffe Lake
Hasil benchmark core i5 Intel Coffe lake dengan Kaby Lake
Hasil Benchmark Intel core i5 Kaby Lake - Coffe Lake sumber : https://techreport.com
Perbandingan hasil benchmark core i5 diatas menggunakan Acer Swift 3 ( lihat tabel spesifikasi notebook ) dengan prosesor intel core i5- 7200U dan i5-8250U.
Baca juga ASUS VIVOBOOK S15 " Notebook Bercitarasa ZenBook Harga Dibawah 10 Juta "
Semua hasil benchmark Intel core i5-8250U dominan lebih baik dibandingkan core i5-7200U, terutama pada Cinebench R15 CPU multi core dan 7-zip compres/decompress skornya sangat signifikan perbedaannya.
Hasil benchmark core i7 Intel Coffe lake dengan Kaby Lake
sumber : http://edgeup.asus.com
Perbandingan hasil benchmark core i7 diatas menggunakan Asus ZenBook 3 Deluxe UX490 ( lihat tabel spesifikasi Notebook ) dengan prosesor intel core i7- 7500U dan i7-8550U. Sementara itu aplikasi yang digunakan untuk benchmark adalah RealBench yang bisa mempresentasikan perfomance akan image processing, video encoding dan multitasking. Dimulai dari realbench multitasking yang menunjukan hasil benchmark dimana semakin rendah waktunya semakin baik. Realbench multitasking ini menunjukan kemampuan prosesor saat rendering, proses image processing dan video encoding dilakukan bersamaan ( multitasking ) dan hasilnya prosesor core i7-8550U 2x lebih baik dibanding i7- 7500U, artinya kinerja multitasking dari 4 core 8 thread core i7-8550U lebih baik dibandingkan kinerja core i7- 7500U 2 core 4 thread.
Baca juga Asus VivoBook S14 S410 " Perfomance Kece Berkat CPU dan GPU Baru " 
Untuk hasil benchmark cinebench single thread sangat tipis perbedaan scorenya karena akan membandingkan perfomance satu core dengan frekuensi maksimal, namun bila jalankan banyak core multithread kinerja core i7-8550U 2x lebih baik dibandingkan core i7- 7500U. Dan untuk cinebench  OpenGL menunjukan kinerja dari GPU Intel HD Graphics 620 dari core i7- 7500U dengan Intel UHD Graphics 620 core i7-8550U, hasilnya sangat tipis perbedaannya karena dipengaruhi dari graphics max. frequency yang mana Intel UHD Graphics 620 lebih tinggi 100 GHz dibandingkan Intel HD Graphics 620.
Pada benchmark GIMP yang digunakan untuk mengetahui kemampuan image procesing menempatkan CPU core i7-8550U tipis lebih baik nilainya dibandingkan core i7- 7500U karena prosesing yang digunakan hanya single core saja.
Pada encoding video tampak pada grafik Handbrake Video Encoding Time menempatkan CPU core i7-8550U digdaya unggul 2x lebih cepat dibandingkan core i7- 7500U.


Di pangsa pasar indonesia notebook yang menggunakan Intel Gen-8 Coffe Lake mulai banyak beredar dimulai dari AsusVivoBook A442, S410UN dan ZenBook 3 Deluxe UX490UA, dari vendor Acer dengan Aspire E5-475G, Swift 3 2nd Gen.

Semoga Bermanfaat !

source :

https://techreport.com
https://www.laptopmag.com
https://www.tweaktown.com
http://edgeup.asus.com

No comments:

Post a Comment