Asus Zenbook UM431 " Laptop Istimewa Pakai AMD Ryzen " - ONOtekno

ONOtekno

Media Informasi Seputar Teknologi

Post Top Ad

Asus Zenbook UM431 " Laptop Istimewa Pakai AMD Ryzen "

Share This
Hegemoni AMD Ryzen semakin tidak terbendung, tetap mengusung prosesor yang memiliki perfomance mumpuni dengan harga yang bersaing menjadi daya tarik tersendiri. Asus sebagai salah satu pembuat laptop yang banyak mengeluarkan lini produknya tidak mau ketinggalan untuk menambah portfolionya dengan terus mengeluarkan seri laptop salah satunya satunya dengan platform AMD Ryzen. Laptop Gaming ROG dan Seri VivoBook sudah banyak portfolionya menggunakan platform AMD Ryzen, bagaimana dengan seri Zenbook ?
Nah kali ini ONOtekno disambangi oleh laptop Asus Zenbook yang menggunakan platform AMD Ryzen 5 series yaitu Zenbook UM431. Tahu sendiri kalo laptop Asus yang termasuk genre Zenbook pasti premium mulai dari desain, tampilan dan fiturnya keren - keren. Setahu ONOtekno baru kali pertama seri Zenbook menggunakan AMD Ryzen, mungkin AMD Ryzen saat ini mulai bagus performance dan disipasi dayanya jadi tidak cepat ngelunjak suhunya. Asus mulai pede dengan kinerja AMD Ryzen yang bakalan cocok bila disematkan di Zenbook series yang identik dengan laptop yang tipis. Langsung saja berikut hasil review mendalam laptop Zenbook UM431 versi ONOtekno :

1. UNBOXING
Pada paket penjualan Asus Zenbook UM431 memeliki perlengkapan sebagai berikut :
- Laptop
- Charger
- Buku Petunjuk / Kartu Garansi
- Sleeve Case
Unboxing ZenBook UM431

Charger 19V-2,37A

2. DESAIN
Kali ini Zenbook UM431 yang ada di depan ONOtekno memiliki warna silver agak biru muda, dengan balutan body metal dan itu terlihat sangat kentara pinggiran bodynya memiliki cutting finish halus dan rapi….sangat premium banget. ONOtekno suka dengan ciri khas laptop Zenbook UM431 ini yaitu tampang luar layar yang memiliki inner circle yang terpusat pada tulisan ASUS. Selain itu di body dalam juga enak dilihat mata karena memiliki guratan ////// yang padat jadi semakin kental dipadu dengan body metal.
Inner Circle pada logo Asus

guratan casing tampak metal di palm rest
Port sisi kiri
Memiliki desain Ergo Lift yang membuat body laptop bawah layer terangkat saat layar monitor dibuka, kata Asus desain ini punya manfaat menjadikan sirkulasi udara saat menyedot kedalam lebih maksimal karena ada ruang lebih dan manfaat terakhir memberikan rasa nyaman saat aktifitas mengetik karena sudut posisi mengetik terangkat hingga 30 derajat.
Port sisi kanan dan Tulisan Zenbook Series dibawah layar

Pada body terutama area palm rest cukup nyaman sebagai dudukan telapak tangan saat aktifitas mengetik, karena bahannya terbuat dari metal jadi terasa cukup adem. Begitu juga dengan keyboardnya cukup nyaman dipakai ngetik karena saat ditekan terasa tactile, ditambah lagi tombol keyboardnya juga memiliki fitur backlit yang bisa diatur 3 level kecerahan yang cukup menekan tombol f7. Backlit di keyboardnya memiliki 2 titik yang menjadi titik penerangan yaitu dikarakter tombol yang menyala warna orange dan dibawah tombol yang menyala warna putih semakin membuat aktraktif backlit keyboard.
Backlit Keyboard 3 level kecerahan

Pada touchpad memiliki area yang cukup luas dan nyaman, yang penting juga memiliki fitur palm rejection yang bisa menolak pergerakan mouse saat kena gesekan telapak tangan karena itu fitur ini sangat membantu bila banyak beraktifitas mengetik. Selain itu di pojok kanan atas touchpad juga ada sensor biometric fingerprint yang mendukung windows hello, keberadaan fingerprint ini sangat membantu peningkatan keamanan pengguna bila ingin login tanpa perlu mengetik password / PIN.

3. LAYAR
Sekarang dilanjutkan pada layar yang memiliki resolusi FullHD 1920x1080 denga panel antiglare ( anti pantul ) dibingkai dengan teknologi nano edge display bisa memiliki bezel yang sangat tipis pada pada 4 sisi layar. Untuk engsel layar sebenarnya sudah cukup ringan dan premium karena kondisi layar terangkat sedikit dengan cukup pegangi layarnya saja tanpa perlu pegang body sudah bisa membuka layar laptop.
Layar FullHD dengan anti glare ( anti pantul )
Namun ONOtekno ada kesulitan sedikit saat layar kondisi tertutup rapat sama body karena desain pegangan jari pada layar sangat minim jadi saat membuka layar perlu pegangi body bawah sebentar setelah itu bisa dengan cukup satu tangan saja atau bisa menggunakan kuku untuk mengangkat layarnya.
Dibezel atas juga disematkan HD Webcam dan led indicator warna putih yang menandakan webcam ini aktif atau tidak.

4. PERFOMANCE
Zenbook UM431 komputasinya digerakkan oleh prosesor AMD Ryzen 5 3500U yang menggunakan arsitektur Zen 2 dan dibuat dengan proses fabrikasi 12nm. Memiliki 4 core 8 thread L3 cache 4MB menjadikan prosesor ini cukup kencang perfomancenya.  Pada graphic didukung oleh Radeon Vega 8 yang perfomancenya cukup menjanjikan dibuat main game karena sudah mendukung lebar bus 128 bit, arsitektur Picasso, memiliki shaders 512 unified, Bandwidth 38,4 GB/s.
CPU-Z Prosesor



CPU-Z RAM
GPU-Z
Pada sisi memori disematkan RAM DDR4 8GB ( Onboard ) yang ONOtekno tidak bisa mengetahui apakah ada optional tambah RAM lagi, karena dari desain Zenbook harus bongkar casing bawah untuk mengetahuinya. Tidak seperti ASUSPRO yang sudah disediakan tutup casing upgradeable yang cukup mudah bongkar pasangnya tidak perlu sampai bongkar casing utamanya.
ONOtekno lakukan benchmark menggunakan software Cinebench R15 untuk menguji kinerja CPU dan GPU dan hasilnya sebagai berikut :
Hasil Benchmark Cinebench R15

Juga menggunakan software PCMark untuk menguji kinerja Prosesor AMD Ryzen 3500U dan GPU Radeon Vega 8 dan hasilnya sebagai berikut :
Hasil Benchmark PCMark

Yang penting sektor storage pada Zenbook UM431 sudah disematkan dengan PCIE Gen.3 x2 SSD 512GB ( SSD NVMee ) buatan Hynix, dengan menggunakan SSD M2 NVMee setidaknya bisa mengurangi botleneck yang biasanya menggunakan SSD M2 lama atau HDD. Dengan menggunakan software CrystalDiskMark 7.0 x64 yang hasil benchmarknya sebagai berikut :
Detail SSD M2 NVMee
Hasil Benchmark Crystal Disk Mark

Hasil Benchmark ASS SSD Benchmark

5. FITUR
Zenbook UM431 merupakan laptop premium yang memiliki banyak fitur, yang ONOtekno tahu seperti berikut :
Fungsi tombol Fn+esc
  1. Led indikator caps lock, yang menandakan pengetikan menghasilkan huruf capital semua.
  2. Led Indikator Pengunci fn, tiap tombol f1 ~ f12 memiliki 2 fungsi berbeda dan itu sesuai dengan keterangan yang ada diatas tombol, misal tombol f2 di tombolnya memberi keterangan logo kecilkan volume. Jadi saat mengetik di Microsoft excel bila tombol fn terkunci ( Tekan fn+esc akan mengaktifkan tombol lock fn disertai led indicator yang nyala ) tombol f2 berfungsi untuk edit cell beda dengan tombol fn tidak terkunci yang berfungsi hotkeys untuk menurunkan volume.
  3. MyAsus yang memiliki fungsi banyak, dimana saat panggil programnya akan muncul berbagai informasi mulai SN laptop, masa garansi, contact Asus, cek hardware, blue screen error, slow system, dll, portal aplikasi store, asus splendid, charging mode, wifi roaming optimizing.
    My Asus
6.  MULTIMEDIA
Zenbook UM431 sebagai laptop premium yang paling murah di Zenbook Series, pada speakernya memiliki 4 speaker yang dijamin keren, karena menggunakan speaker legendaris harman kardon. 4 speaker ini letaknya ada di sebelah kanan dan kiri keyboard menghadap ke atas yang sangat membantu output suara speaker bisa langsung sampai ditelinga, dua lainnya ada disebelah kanan dan kiri menghadap ke bawah tepatnya ada pada body bawah. Bagaimana suaranya ? dijamin bikin nyaman di kuping.
Speaker Harman Kardon sisi atas

Speaker Harman Kardon sisi bawah

7. BATERAI
Memiliki baterai 2 cell 47Wh untuk menguji power management Zenbook UM431 ONOtekno lakukan benchmark baterai menggunakan software Battery Eater 5 dengan mode classic.
Saat benchmark dengan memunculkan gambar baterai 3D yang terus berputar dan pada baterai laptop menggunakan mode best performance. Hasilnya Zenbook UM431 bisa bertahan 117 menit dari kondisi baterai 100% sampai 20%.
Hasil Benchmark Battery Eater 5
8. SPESIFIKASI
Laptop yang premium sekelas Zenbook ini memliki spesifikasi sebagai berikut :

CPU :
AMD RYZEN 5 3500U ( Quad Core-cache 2MB, up to 3,7 GHz )
RAM :
DDR4 8GB
Display :
14” FullHD 1920x1080, Anti Glare, 4side NanoEdge Display, Asus Splendid
Graphic :
AMD Radeon Vega 8 DDR4 2GB 128 Bit.
Storage :
512GB M.2 PCIe SSD ( NVMEE )
Connection :
Wifi 5 (802.11ac) 2*2 ; Bluetoth 4.2
Port : 
1xUSB3.1 TypeA - 1xUSB3.1 Type-C - 1xUSB2.0 - HDMI - SD Card Reader - 3,5 AudioJack - Kensington Lock
Weight :
1,39 Kg ( include battery )
Sensor :
Fingerprint 
Audio :
4 Speaker, certified Harman Kardon
OS :
Windows 10 Home
Warranty :
2 Tahun
Harga :
Rp 9.999.000,-

Cari laptop yang premium dengan fitur yang melimpah dan harganya yang terjangkau Asus Zenbook UM431 ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Keberadaan laptop ringan ini menjawab akan kebutuhan laptop yang nyaman untuk digunakan, ringan dibawa mobilitas tinggi, perfomance yang bisa diandalkan, konektifitas lengkap dan yang terpenting harganya cukup bersaing untuk sekelas laptop premium.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad