ROG FLOW Z13 " Tablet Gaming BlowMind Banget" - ONOtekno

ONOtekno

Media Informasi Seputar Teknologi

Post Top Ad

ROG FLOW Z13 " Tablet Gaming BlowMind Banget"

Share This

ASUS kembali memperkenalkan perangkat gadget blowmind yaitu ROG Flow Z13, merupakan laptop sekaligus tablet gaming paling powerful di dunia. Diperkenalkan pada acara Malam Malam Unleash The Legend Inside with ROG Intel 12th Gen pada tanggal 12 April 2022, ROG Flow Z13 tampil sebagai laptop gaming inovatif dengan desain yang belum pernah diadopsi oleh laptop gaming manapun, yaitu 2-in-1 detachable. Desain tersebut memungkinkan ROG Flow Z13 hadir sebagai laptop gaming yang sangat fleksibel atau dapat digunakan di banyak skenario penggunaan.

POWERED BY 12th Gen Intel® Core™ H Series Processor
ROG Flow Z13 merupakan laptop yang telah ditenagai oleh prosesor 12 th Gen Intel® Core™ H Series yang
telah menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7. Berbeda dengan generasi sebelumnya, prosesor Intel® Core™ generasi ke-12 menggunakan konfigurasi core yang terdiri dari Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core). Sesuai dengan namanya, P-core yang memiliki performa tinggi bertugas untuk memproses tugas-tugas berat. Sebaliknya, E-core bertugas menjalankan tugas-tugas ringan namun sangat efisien dan tidak memakan banyak daya.

Kombinasi P-Core dan E-Core menghasilkan sebuah prosesor hibrida yang memiliki kemampuan pemrosesan yang sangat tinggi dan optimal untuk gaming dan content creation, sekaligus mampu tampil sangat efisien dan hemat daya. Tidak heran jika prosesor tertinggi di keluarga 12 th Gen Intel® Core™ H Series, yaitu Intel®  core™ i9-12900H, menyandang gelar sebagai prosesor mobile paling kencang saat ini berkat konfigurasi 14 core (6 P-core dan 8 E-core) dan 20 thread yang mampu dipacu hingga 5GHz. Powerful dengan Dukungan ROG XG Mobile External GPU Konsep yang diusung oleh ROG Flow Z13 pada dasarnya adalah kemungkinkan Anda untuk dapat bermain game di manapun dan kapanpun. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, laptop gaming ini tentu harus ditenagai oleh hardware yang powerful. Tidak heran jika ROG Flow Z13 ditenagai oleh CPU dan GPU generasi terbaru.

Selain dibekali prosesor hingga 12 th Gen Intel® Core™ i9-12900H, ROG Flow Z13 juga dibekali dengan GPU hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti dengan TGP hingga 40W. GPU generasi terbaru dari NVIDIA® ini telah mampu menghadirkan pengalaman gaming yang luar biasa pada resolusi full HD. Untuk menghadirkan pengalaman gaming maksimal pada resolusi dan pengaturan grafis paling tinggi, ROG Flow Z13 dapat dihubungkan dengan ROG XG Mobile.

ROG XG Mobile merupakan solusi GPU eksternal terbaik di dunia. Berbeda dengan solusi GPU eksternal pada umumnya, ROG XG Mobile menggunakan port khusus sebagai koneksinya. Port tersebut terhubung langsung pada jalur data PCIe x8.

TEKNOLOGI BARU MUX SWITCH
ROG Flow Z13 telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat pengalaman gaming semakin baik, salah satunya adalah MUX Switch. MUX Switch merupakan chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Melalui MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya. MUX Switch sangat berguna saat ROG Flow Z13 bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya, seperti halnya saat bermain game. Karena data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik.Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%.


MUDAH DIPEGANG KARENA RINGKAS DAN PORTABEL
Hadir dengan layar berukuran 13-inci, ROG Flow Z13 juga memiliki ketebalan 12mm dan bobot 1,1kg. ROG Flow Z13 juga dilengkapi "kickstand" di bagian belakang bodi utamanya. Kickstand tersebut berfungsi agar bodi utama laptop tersebut diposisikan secara berdiri dan memudahkan penggunanya. Jika ingin digunakan sebagai laptop, Anda dapat menghubungkan keyboard ROG Flow Z13 ke bagian bawah bodinya. Proses pemasangannya juga sangat mudah karena menggunakan sistem magnetic. Selain mengusung bezel layar yang sangat tipis, ROG Flow Z13 juga tidak memiliki engsel karena menggunakan desain detachable. Ruang untuk mengakomodasi engsel tersebut dimanfaatkan secara penuh untuk menampung berbagai komponen lainnya. Pada akhirnya, tim riset dan pengembangan di ASUS ROG berhasil mendesain motherboard yang sangat ringkas lengkap dengan sistem pendingin khusus.

ROG Flow Z13 kembali hadir dengan warna hitam dengan desain khas ROG. Di bagian belakang bodi utamanya, ROG Flow Z13 bahkan dilengkapi dengan "jendela" untuk mengintip sebagian komponen yang ada di dalam bodi utamanya. Untuk memperkuat desain khas gaming-nya, jendela tersebut pun dilengkapi dengan lampu RGB LED yang dapat dikustomasi lewat aplikasi Armoury Crate. Ringkas Namun Tetap Powerful ROG Flow Z13 mengusung konsep yaitu memungkinkan penggunanya untuk dapat bermain game di manapun dan kapanpun. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, laptop gaming ini tentu harus ditenagai oleh CPU dan GPU generasi terbaru.

Selain itu agar performa gaming-nya lebih optimal, ROG Flow Z13 didukung oleh memori LPDDR5 berkapasitas 16GB. Dibandingkan dengan memori generasi sebelumnya, LPDDR5 memiliki kecepatan 33% lebih tinggi yaitu hingga 4800MHz. Terlebih juga karena ROG Flow Z13 telah menggunakan penyimpanan berupa NVMe PCIe 4.0 x4 SSD yang juga mampu menghadirkan kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Kombinasi keduanya membuat ROG Flow Z13 dapat menjalankan berbagai aplikasi secara gesit dengan waktu loading yang sangat singkat.

Meski desainnya sangat minimalis, ROG Flow Z13 tetap menyediakan opsi upgrade dengan mudah. ROG Flow Z13 memiliki "pintu khusus" di belakang kickstand-nya sehingga Anda dapat dengan mudah
mengakses SSD yang terpasang. Selain itu, Anda juga dapat memasang MicroSD untuk menambah kapasitas penyimpanan.

SISTEM PENDINGIN INOVATIF DAN EFISIEN

Karena mengusung desain yang ringkas dan unik, ROG Flow Z13 dibekali dengan sistem pendingin yang tidak biasa ditemukan di laptop pada umumnya. ROG Flow Z13 menggunakan vapor chamber khusus pada sistem pendinginnya. Berbeda dengan heatpipe yang hanya dapat mengalirkan panas dari komponen utama ke heatsink, vapor chamber memiliki fungsi ekstra yaitu melepas panas secara langsung. Berkat penggunaan vapor chamber, proses pendinginan komponen utama di ROG Flow Z13 dapat dilakukan secara aktif maupun pasif.

ROG Flow Z13 juga menggunakan kipas Arc Flow Fan terbaru yang memiliki 84 bilah khusus. ASUS juga menggunakan rancangan Variable Blade Thickness yang membuat setiap bilah kipasnya memiliki ketebalan yang bervariasi. Rancangan tersebut meminimalisir turbulensi sehingga udara dapat mengalir lebih baik dan pendinginan menjadi lebih optimal. Sistem pendingin di ROG Flow Z13 juga dilengkapi dengan anti-resonance design yang membuat kipas dapat berputar jauh lebih senyap. Tidak sampai di situ, modul kipas ROG Flow Z13 juga dilengkapi sistem Self Cleaning 2.0. Sesuai dengan namanya, sistem tersebut memungkinkan debu dan partikel untuk dihempaskan ke luar dan tidak tersangkut di dalam sistem pendingin ROG Flow Z13. Self-Cleaning 2.0 membuat sistem pendingin dapat selalu bekerja secara optimal tanpa terganggu oleh debu dan partikel kecil lainnya.

Sistem pendingin khusus dan inovatif di ROG Flow Z13 membuat laptop 2-in-1 detachable ini memiliki performa yang tidak hanya powerful, tetapi juga sangat stabil untuk bermain game dalam jangka panjang. Sistem pendingin ini juga yang memungkinkan ROG Flow Z13 tampil sebagai mesin konsol portabel.
 

Ayo Bergabung di ROG Community Indonesia

ASUS ROG Indonesia menghadirkan ROG Community Indonesia, sebagai tempat untuk para pengguna setia laptop gaming ROG dan TUF berbagi pengalaman, bermain game bersama dan berinteraksi langsung dengan #TeamROG. Segera bergabung dengan ROG Community Indonesia di Discord channel https://bit.ly/DiscordROGCommunityID dan Facebook Group https://bit.ly/ROGCommunityID.

SPESIFIKASI


sumber :

PR Asus

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad